Jasa Konsultan Pajak dan Accounting Services | Your Tax Solutions

Bagaimana Cara Menghitung Pajak Penghasilan Pegawai?

menghitung pajak penghasilan pegawaiBagaimana Cara Menghitung Pajak Penghasilan Pegawai? Sebagai warga negara Indonesia yang baik sudah seharusnya kita rutin membayarkan pajak ke negara. Salah satu pajak yang wajib kita ketahui untuk dibayarkan adalah pajak penghasilan atau biasa disingkat PPh. Anda pun sebenarnnya bisa menghitung pajak penghasilan pegawai sendiri tanpa bantuan jasa konsultan pajak.

Meskipun telah lama di tetapkan namun tidak banyak warga negara Indonesia yang mengerti cara menghitung PPh mereka masing-masing. Biasanya mereka hanya menyerahkan perhitungannya kepada perusahaan yang memang sudah memotong PPh secara otomatis untuk dibayarkan ke Kas Negara dan dilaporkan ke Kantor Pelayanan Pajak. Namun ada baiknya anda mengetahui potongan Pajak Penghasilan pada gaji anda setiap bulannya dengan cara menghitung pajak penghasilan pegawai.

Sebelum menentukan PPh setiap bulan, terlebih dahulu kita harus mengetahui PPh tahunan kita. Berikut adalah cara menghitung pajak penghasilan pegawai:

  1. Hitung penghasilan kotor anda tiap bulannya

Penghasilan kotor meliputi gaji setiap bulan dan berbagai tunjangan yang menyertainya.

  1. Hitung pengeluaran yang mengurangi penghasilan kotor anda

Setelah menentukan gaji kotor anda, hitung juga potongan-potongan bulanan yang harus anda keluarkan menggunakan uang gaji tersebut. Potongan-potongan yang dimaksud contohnya adalah, biaya Jamsostek, biaya iuran pensiun, dan sebagainya.

  1. Hitung penghasilan bersih atau penghasilan netto

Langkah ketiga adalah mengurangi jumlah langkah pertama dengan jumlah langkah kedua. Sehingga didapatkan angka penghasilan bersih anda setiap bulannya.

  1. Hitung penghasilan netto selama setahun

Untuk mendapatkan angka penghasilan netto selama setahun anda tinggal mengalikan jumlah langkah nomer 3 dikalikan 12 (jumlah bulan dalam setahun).

  1. Hitung penghasilan yang tidak dikenai pajak

Penghasilan tidak kena pajak atau PTKP tergantung dari status anda sebagai pekerja. Ada perbedaan PTKP jika anda sudah menikah atau belum menikah, sudah memiliki anak atau belum memiliki anak, dan seterusnya.

  1. Hitung penghasilan yang dikenai pajak

Untuk menentukan penghasilan yang dikenai pajak, anda tinggal mengurangkan jumlah langkah nomer 4 dikurangi jumlah nomer 5.

  1. Hitung pajak penghasilan pribadi anda dalam setahun

Langkah ini dapat dilakukan dengan cara mengalikan nomer 6 atau jumlah penghasilan kena pajak dengan Tarif Pajak Penghasilan Orang Pribadi.

  1. Menentukan pajak penghasilan pada bulan berjalan

Caranya dengan membagi jumlah nomer 7 dibagi 12. Maka anda akan mengetahui PPh anda selama bulan tersebut.

Mudah bukan?

Namun jika anda tidak ingin repot-repot menghitung sendiri berapa pajak penghasilan anda, anda cukup menghubungi Jasa Konsultan Pajak yang akan membantu anda dalam menghitung Pajak Penghasilan pegawai selama setahun maupun dalam bulan tersebut.

=====================================================================
Apabila Anda membutuhkan Jasa Konsultan Pajak, gunakan company directory dibawah ini untuk menghubungi kami baik untuk konsultasi maupun berminat menggunakan jasa kami. Kami sebagai penyedia Jasa Konsultan Pajak di Jakarta akan segera merespon pertanyaan Anda secepat yang bisa kami lakukan. Terima kasih.

SAMCO Jasa Konsultan Pajak Jakarta

Jl. Suryopranoto No. 2 Harmoni Plaza Blok K/3 Utara. Jakarta Pusat
Phone          : 0818625247
Mobile         : 081319863888
PIN BB        : 7D239344
Email           : setiawan@samcopajak.com | samco@samcopajak.com
Website       : www.samcopajak.com

Jasa Konsultan Pajak, Konsultan Pajak, Jasa Konsultan Pajak Jakarta, Konsultan Pajak Jakarta

Setiawan

View more posts from this author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *